Pages

Gejala Radang Usus Buntu Secara Umum

Gejala Radang Usus Buntu secara umum sangat penting untuk diketahui, karena jika terlambat dalam menangani usus buntu, maka  pengobatannya menjadi sangat mahal baik dari segi waktu dan biaya.  Usus buntu yang kadang disebut umbai cacing sebenarnya adalah usus normal tetapi tidak berujung, berbeda dengan usus biasa yang ujungnya berakhir di anus.

Posisi usus buntu ini ada di perut kanan bawah, anda dapat merasakannya dengan meraba antara tulang dada dan tulang panggul. Gejala radang usus buntu bisanya dimulai dengan timbulnya rasa nyeri di bagian tersebut, meskipun tidak semua nyeri di bagian kanan bawah adalah usus buntu, tetapi anda patut waspada jika kejadiannya berulang.

Saat timbul radang usus buntu, maka usus akan membengkak, dan berisi cairan nanah yang merupakan bakteri dan sel-sel mati. Jika tidak segera diobati, maka dapat berakibat fatal, yatu usus buntu yang terkena gejala radang usus buntu   ini akan membengkak dan akhirnya pecah, sehingga bakteri dan nanah akan menyebar ke seluruh rongga perut dan hal ini dapat mengancam nyawa penderita. Sehingga anda perlu untuk mengetahui ciri-ciri gejala radang usus buntu sebelum semuanya menjadi terlambat.

Apakah Gejala Radang Usus Buntu?

Hal paling umum yang kita jumpai  adalah munculnya nyeri perut. Akan tetapi nyeri perut ini sangat umum dirasakan untuk berbagai penyakit, seperti infeksi saluran kemih, radang panggul.  Tetapi Gejala radang usus buntu ini memiliki ciri khusus untuk nyeri yang dirasakan. Sakit perut dimulai di daerah tengah atau sekitar pusar, dan rasa sakitnya hilang-muncul. Dan dalam hitungan jam, rasa sakit perlahan-lahan bergeser ke arah perut kanan bawah, dan akan terpusat di titik yang disebut titik McBurney, yaitu lokasi dimana usus buntu berada.


(1) Titik McBurney-lokasi usus buntu (2) Pusar (3) Tonjolan tulang panggul

Sakit yang dirasakan akan semakin nyeri saat penderita batuk, berjalan, bersin, bernafas, yang menggerakkan perut bagian kanan bawah.

Gejala Radang Usus Buntu yang lain adalah :

- Rasa mual ingin muntah
- Muntah-muntah
- Panas, meriang
- Tidak bernafsu makan
- Sembelit
- Perut kembung
- Nyeri di bagian kanan bawah saat ditekan, dan semakin nyeri sesaat tekanan dilepaskan, sering disebut nyeri lepas atau rebound tenderness


Sedangkan Gejala Radang Usus Buntu pada anak-anak adalah : 

- Demam
- Nyeri lepas
- Meningkatnya sel darah putih

Untuk anak-anak, sebaiknya jika ada gejala di atas segera bawa ke dokter, karena ada keterbatasan komunikasi.