Pages

Mitos seputar usus buntu

Usus buntu tidak ada gunanya 

Mitos yang berkembang selama ini  adalah bahwa usus buntu tidak berguna dan hampir tidak digunakan dalam tubuh kita. Namun, penelitian terbaru dan yang terakhir mengungkapkan bahwa  hal tersebut ternyata tidak  tidak benar. Nyatanya organ ini  memiliki  fungsi  dalam menjaga keseimbangan   bakteri dalam tubuh kita.

Berolah raga atau berlari setelah makan dapat menyebabkan sakit usus buntu 

Radang usus buntu adalah kondisi peradangan yang tidak dapat disebebakan karena lari atau olah raga  setelah makan.   Sejumlah riset membuktikan bahwa olah raga dan lari setelah makan tidak berkaitan dengan usus buntu. Usus buntu murni disebabkan oleh bakteri yang ikut masuk dalam makanan, atau juga karena pola hidup yang kurang sehat seperti kurang minum. 
Makan tomat, cabe atau sayuran berbiji kecil menyebabkan usus buntu
Ada banyak hal penyebab usus buntu, tetapi   sangat tidak mungkin bahwa biji kecil yang ada di  buah dan sayuran dapat memblokir usus buntu. Appendiks memiliki mulut yang relatif besar  yang tidak mungkin tersumbat oleh biji-biji tersebut. Salah satu mitos yang  banyak beredah adalah  jika seseorang minum atau menelan benih lemon, semangka, jeruk atau buah-buahan lain seperti, maka mereka akan terikat dan menjadi masalah dengan usus buntu . Tapi, untungnya, semua hal ini tidak terbukti berdasarkan riset kedokteran
Nyeri di perut bagian kanan bawah menandakan   luka operasi belum sembuh
Setelah operasi, ada jeda waktu tertentu dalam penyembuhan   kulit  secara menyeluruh  yang terdiri dari sejumlah   lapisan jaringan. Periode waktu ini bervariasi dari orang ke orang, setiap orang   berbeda-beda dalah lama  penyembuhan, kekebalan tubuh dan kebiasaan makanan. Namun, masalah-masalah tertentu seperti gatal dan mati rasa dapat  timbul selama satu tahun atau lebih, tetapi itu tidak berarti bahwa daerah yang terkena atau luka belum sembuh. Faktor-faktor ini juga dapat dikaitkan dengan kebersihan pribadi pasien dan kebiasaan. Tetapi di atas semua, ini adalah proses biologis alami dan umumnya lambat, sehingga kita  tidak  perlu khawatir dengan hal itu.
Latihan setelah operasi bisa berbahaya 
Luka perut biasanya sembuh dalam waktu seminggu. Namun, latihan berat harus dihindari selama setidaknya satu bulan. Menahan diri dari segala bentuk aktivitas fisik yang kuat di minggu awal setelah operasi, dan, jika kebutuhan terbaik untuk terlibat dalam pekerjaan fisik, maka pastikan bahwa tubuh Anda mendapatkan waktu istirahat yang memadai. Selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum memulai latihan berat  setelah operasi.