Pages

Operasi Usus Buntu

Appendektomi atau operasi usus buntu adalah operasi pengangkatan usus buntu. Prosedur ini paling sering dilakukan sebagai operasi darurat.

Bagaimana saya mempersiapkan diri untuk operasi usus buntu?

Mayoritas operasi usus buntu biasanya operasi darurat sehingga pasien perlu mengikuti petunjuk yang diberikan oleh dokter bedah. Secara umum, pasien disarankan untuk tidak makan makanan atau mengambil obat-obatan (misalnya, aspirin) yang dapat mempengaruhi pembekuan darah sebelum operasi. Pasien dapat diobati dengan obat untuk mengurangi atau menghilangkan mual dan muntah; Antibiotik IV juga dapat dimulai sebelum operasi.

Bagaimana operasi usus buntu dilakukan?

Operasi Usus buntu  dilakukan di ruang operasi setelah  pasien dicukur untuk menghilangkan rambut dan diusap dengan larutan antiseptik untuk membunuh kuman; tindakan pencegahan ini untuk mencegah infeksi. Usus buntu dapat dihilangkan dengan metode terbuka atau teknik laparoskopi. Metode terbuka membutuhkan 2 sampai 3 inci sayatan di sisi kanan bawah perut, sedangkan metode laparoskopi menggunakan beberapa sayatan kecil di perut dan penggunaan laparoskopi untuk memvisualisasikan dan kemudian mengangkat usus buntu.
Berapa lama  waktu pemulihan untuk operasi usus buntu?

Waktu pemulihan untuk operasi usus buntu bervariasi dan tergantung pada jenis prosedur, jenis anestesi, dan komplikasi yang mungkin terjadi. Misalnya, operasi usus buntu dengan laparoskopi dapat dilakukan dengan rawat jalan sehingga pasien dapat dipulangkan untuk memulihkan di rumah, sementara metode terbuka mungkin perlu menginap semalam atau waktu yang lebih lama sampai  pulang. Kegiatan normal dapat dilakukan setelah beberapa hari  tetapi pemulihan total dapat memerlukan waktu 4 sampai 6 minggu dan sebaiknya menghindari   aktivitas berat.

Apa komplikasi dan risiko operasi usus buntu?


  • Infeksi luka dan perforasi (pecah) adalah komplikasi yang paling umum dari operasi usus buntu.
  • Pembentukan abses di daerah usus buntu  atau lokasi sayatan bedah juga dapat terjadi.

Apakah ada konsekuensi jangka panjang dari mengeluarkan usus buntu?

Untuk sebagian besar individu tidak ada konsekuensi jangka panjang dari operasi usus buntu. Namun, beberapa orang mungkin memiliki peningkatan risiko  hernia insisional dan obstruksi usus